Senin, 04 Oktober 2010

Langkah-langkah untuk memajukan Koperasi



            Koperasi berasal dari 2 suku kata dari bahasa inggris co dan Operation yang artinya co = bersama dan Operation = bekerja . jadi dapat disimpulkan bahwa Koperasi adalah kumpulan orang yang bekerja sama demi kepentingan yang ingin dicapai bersama.
Sangat sedih sekali jika melihat perkembangan koperasi di Indonesia pada masa kini, bagaikan peribahasa Indonesia “hidup segan mati pun tak mau” . itulah ungkapan yang pas untuk menggambarkan koperasi di era globalisasi.
            Banyak sekali hal yang membuat koperasi berjalan di tempat bahkan mundur diantaranya dana yang kurang banyak, kalah bersaing dengan lembaga keuangan lainya seperti bank-bank yang merajalela, dan masih banyak lagi.
            Oleh karena itu, banyak hal yang harus di benahi untuk mengembangkan koperasi di Indonesia. Koperasi harus mendapatkan perhatian yang lebih dari pemerintah terutama Presiden, karena koperasi sangat cocok di kembangkan di Negara Indonesia.
            Mengapa Negara Indonesia sangat cocok untuk melaksanakan kegiatan koperasi? Jawabnya adalah karena rakyatnya yang masih memegang teguh nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong. Itulah hal yang utama menyebakan koperasi sangat pantas untuk Indonesia.
            Dari penjalasan di atas Presiden harus mengambil peranan dalam perkembangan koperasi melalui kebijakan-kebijakan. Jadi, jika saya menjadi Presiden saya akan mengambil kebijakan-kebijakan yang sangat ekstrim,antara lain;
  1. Mengaharuskan setiap Desa di Indonesia memiliki minimal satu koperasi yang melayani masyarakat. Karena kita ketahui banyak orang yang ada di desa sangat membutuhkan kucuran dana seperti Petani untuk membeli pupuk, peternak membutuhkan dana untuk membeli pakan ternaknya, pembudidaya ikan membutuhkan dana untuk benih, nelayan membutuhkan dana untuk solar buat melaut dan lain-lain. Koperasi yang cocok di tempat seperti itu adalah koperasi simpan pinjam.
  2. Mewajibkan  koperasi ada di setiap sekolah baik dari Play Group (PG), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Umum (SMU), Perguruan Tinggi ( PT), bahkan di Pesantren. Hal itu sangat baik dilakukan agar sejak usia dini anak-anak Indonesia mengenal koperasi. Koperasi yang cocok adalah koperasi Sekolah yang menyediakan perlengkapan untuk belajar dan kebutuhan pelajar.
  3. Mewajibkan  koperasi ada di Instansi Pemerintahan atau Swasta di seluruh Indonesia. Agar setiap pekerja dapat memanfaatkan koperasi.
  4. Pemerintah membantu pendanaan setiap koperasi. Kita mengetahui dana suatu koperasi sangatlah kecil karena dana berasal dari anggotanya, jadi sangat rasional jika pemerintah menyiapakan dan Rp 50.000.000 untuk setiap koperasi. Karena menurut saya Rp 50.000.000 bagi suatu koperasi sangatlah bermanfaat.
  5. Membatasi Bank Masuk ke desa-desa kecuali Bank Rakyat Indonesia (BRI). Karena kita ketahui salah satu penyebab kurang berkambangnya koperasi adalah kalah bersaing dengan bank-bank dan lembaga keuangan lainya.
  6. Mewajibkan Setiap Warga Negara Indonesia menjadi anggota di salah satu koperasi.
 Masih banyak lagi hal yang dapat mengembangkan koperasi. Mengapa saya mengutamakan memperbanyak koperasi terutama di desa karena masyarakat di desa masih sulit untuk mendapatkan dana. Jika koperasi banyak maka warga tidak sulit lagi mencari koperasi, dan makin banyak anggota maka koperasi akan makin berkembang.
Sangat bagus sekali jika koperasi mulai di kenalkan sejak usia dini (sekolah) jadi anak-anak mulai mengenal dari kecil tentang koperasi.
Pendanaan sangatlah penting jika pemerintah membantu dengan dana maka koperasi tidak akan kesulitan memenuhi kasnya.
Yang paling penting adalah peran serta pemerintah karena pemerintah harus ikut campur tangan untuk koperasi di Indonesia. Jika hal-hal di atas bisa dilaksanakan dengan baik saya sangat yakin koperasi akan berkembang pesat, dengan demikian ekonomi masyrakat juga akan ikut terangkat naik. Jadi kita tidak dapat di atur lagi oleh Negara-negara asing dengan kebijakan yang menyudutkan Indonesia.
Koperasi bisa menjadi ekonomi yang dianut oleh Indonesia karena sangat sesuai dengan masyarakat. Dan kita tidak kaget jika 20 tahun kedepan koperasi Indonesia sudah Go internasional. Jadi maju kan koperasi Indonesia.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar