Selasa, 28 Desember 2010

Ayo ke Koperasi


            Di Era globalisasi saat ini masyarakat Indonesia sangatlah sulit dalam memulai membuka suatu usaha, terlebih lagi dalam  mencari modal.
            Tidak  banyak orang yang tau koperasi adalah salah satu jalan dalam menyelesaikan masalah dalam berbisnis. Kenapa koperasi? Koperasi sangat cocok karena dapat membimbing pengusaha dalam berusaha, selain itu juga dapat membantu dalam pencariaan dana.
            Koperasi adalah jenis badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum. Dengan demikian koperasi sangat cocok untuk Usaha Kecil dan Usaha Kecil Menengah. Koperasi juga mimiliki cirri khas yang tidak di miliki badan usaha lain-lain, karena koperasi berazaskan atas kekeluargaan dan sangat terasa sekali gotong- royong antara anggotanya.
            Koperasi adalah salah satu jawaban kita untuk bisa tetap bersaing dalam kegiatan usaha, karena ada banyak sekali keuntunganya. Diantaranya
1.      Mendapatkan Modal (dana)
Dengan bergabung koperasi kita akan bisa mendaptakan dana karena koperasi bisa menyediakan dana dengan bunga yang sangat kecil dibandingkan dengan meminjam dana ke  Bank atau lembaga lainnya.
2.       Mendapatkan arahan dan bimbingan dalam kegiatan usaha
Mendapat arahan karena dalam keegiatan kopersai sering ada tukar pendapat antara anggota. Selain itu juga sering diadakanya seminar yang dapat mendapat wawasan dalam kegiatan usaha. Hal ini merupakan salah satu tujuan pendirian koperasi, untuk memberikan pengetahuan dan penyuluhan terhadapt anggota.



3.      Mendapatkan peluang bisnis yang lebih besar
Jika bergabung dengan koperasi kita akan mendapat peluang bisinis yang lebih besar karena dengan ikut ke koperasi kita bisa diberikan peluang bisinis yang dimiliki koperasi dan akhirnya disalurkan ke kita. Karena koperasi memiliki banyak bisnis yang di dapatkan dari anggota dan pemrintah maupun swasta.
4.      Mendapatkan bagian dari SHU
Sisa Hasil Usaha  (SHU) merupakan keuntungan yang didapatkan anggota koperasi dari kegiatan  koperasi. Mungkin besar kecilnya suatu SHU yang didapatkan tergantung dari pendapatan koperasi, namun ini sangat menguntukan karena kita mendapatkan banyak pengetahuan dengan geratis dan mendapatkan uang juga.
5.      Mendapatkan mitra bisnis  baru
Mitra bisinis sangatlah sulit dicari,dengan mengikuti koperasi kita dapat lebih mudah menemukan mitra bisnis. Hal ini dikarenakan intensitas pertemuan dapat lebih banyak di kegiatan koperasi, karena mitra bisnis bisa juga anggota-anggota yang mengikuti koperasi. Selain itu mitra bisnis juga bisa di dapatkan dari koperasi itu sendiri, bahkan pihak swasta dan pemrintah yang ikut bermitra dalam koperasi itu.

            Masih banyak lagi keuntungan yang dapat kita raih bila bergabung dengan koperasi selian kelima hal diatas. Dengan banyaknya manfaat bila bergabung dengan koperasi maka tidak salah bila kita bergabung dengan koperasi. Selain menguntungkan kita akan dapat hal yang baru yang bisa di dapatkan bila bergabung ke koperasi.
            Koperasi merupakan salah satu alat untuk mempersatukan bangsa dan membangun bersama ekonomi Indonesia yang pro terhadap rakyat kecil dan usaha kecil menengah (UKM).
            Maka Bergabunglah dengan Koperasi,dan Rasakan Manfaatnya bagi kegiatan usaha kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar