Minggu, 06 November 2011

Fotocopy Ramah Lingkungan

Mesin Fotocopy merupakan alat untuk memperbanyak dokumen yang berupa tulisan dari kertas. Pada zaman sekarang hampir semua orang di dunia membutuhkan Mesin fotocopy dari anak kecil sampai orang tua bahkan seorang ibu rumah tangga pun membutuhkan mesin fotocopy.
            Betapa pentingnya mesin fotocopy bagi kehidupan manusia di seluruh aspek kehidupan juga memiliki dampak yang negativ bagi lingkungan, hal ini karena kertas merupakan alat keluaran dari fotocopy yang berupa tulisan yang di perbanyak. Kita ketahui bahawa bahan dasar dari pembuatan kertas adalah kayu, kayu di dapatkan dengan cara menebang pohon ssecara besar-besaran.
            Pohon yang ditebang akan mengakibatikan kegundulan dihutan, gundulnya hutan memiliki damapak yang sangat buruk bagi lingkungan karena hutan adalah paru-paru dunia sebagai penghasil oksigen bahkan bila hutan gundul dapat mengkibatkan punahnya mahluk hidup yang ada di hutan.
            Melihat banyak sekali dampak buruk dari fotocopy maka kita harus menghemat fotocopy, karena sangat sulit untuk tidak menggunakan alat fotocopy. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat kertas fotocopy seperti melakukan fotocopy bolak balik, menggunakan kertas daur ulang ( Kertas Buram ), dan menggunakan kertas sisa bila hanya untuk dokumen yang tidak penting.
            Fotocopy dengan menggunakan kertas bolak balik sangatlah menghemat karena 2 kertas bisa dihemat bila kita membolak-balik hasil fotocopy, bayangkan berapa banyak kertas yang dihemat bila kita melakukan fotocopy secara bolak-balik didunia.
            Fotocopy menggunakan kertas buram sangat menghemat karena kertas ini merupakan kertas daur ulang, bila kertas membutuhkan pohon sebagai bahan dasar lain halnya dengan kertas buram karena bahan dasar dari kertas buram adalah kertas yang sudah tidak terpakai. Jadi mengggunakan kertas buram lebih ramah dibandingkan menggunakan kertas biasa.
            Hal yang terakhir adalah lebih selektif dalam melakukan fotocopy, bila dokumen tidak penting ( Tidak berguna ) lebih baik tidak usah di fotocopy. Semoga semua orang bisa lebih arif lagi dalam fotocopy yang dianggap sepele, karena fotocopy memiliki dampak yang buruk bila terlalu boros.

Nama  : Adventia Diah Rosari
NPM    : 22209204
Keals    : 3EB01

Tidak ada komentar:

Posting Komentar